text=adstext=ads

Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Lingkungan

Teknologi saat ini makin hebat dan makin memudahkan hidup manusia. Teknologi membuat dunia ini berbeda. Peralihan itu menjadi peralihan yang positif atau negatif. Khususnya ke lingkungan. Lingkungan ialah tempat kita hidup atau tempat disekitaran kita. Kemajuan ilmu dan pengetahuan teknologi ialah suatu hal yang tidak dapat kita jauhi di kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan jalan sesuai kemajuan ilmu dan pengetahuan. Tiap pengembangan dibuat untuk memberinya faedah positif untuk kehidupan manusia. Memberinya banyak keringanan, dan sebagai langkah baru saat lakukan aktivitas manusia. Akan tetapi, meskipun sebelumnya dibuat untuk hasilkan faedah positif, di lain sisi juga memungkinkannya dipakai untuk hal negatif.

Teknologi benar-benar berbagai macam, ada teknologi info, komunikasi, transportasi, penyembuhan, pengajaran, mesin, electronica, bangunan, robot, dan ada banyak kembali. Sudah pasti semua beberapa alat teknologi itu memberinya imbas positif dan negatif khususnya untuk lingkungan. Karena itu saat ini saya akan mengulas apa saja imbas positif dan negatif dampak teknologi pada lingkungan.

Adapun salah satunya imbas positifnya ialah proses penghijauan lingkungan makin gampang. Misalkan, ketika kita ingin menanam pohon sudah pasti kita memakai teknologi. Seperti teknologi info untuk cari tahu bagaimanakah cara menanam dan memiara pohon itu, teknologi mesin untuk mengeruk tanah, teknologi untuk membikin pupuk, teknologi komunikasi untuk ajak rekan-rekan kita atau seseorang untuk turut menanam pohon, teknologi camera untuk mendokumenkan aktivitas kita, dan ada banyak kembali. Teknologi itu memberinya keringanan ke kita untuk lakukan pergerakan penghijauan lingkungan.

Disamping itu, imbas positif dampak teknologi pada lingkungan dapat bermula dari imbas negatifnya. Seperti pada ketika berada sugesti jika memakai teknologi terlalu berlebih bisa menghancurkan lingkungan, kita akan lakukan usaha agar lingkungan kita kembali seperti yang lalu seperti lakukan penghijauan dan kurangi penggunaan teknologi tersebut. Dengan demikian, tingkat kepedulian kita pada lingkungan makin bertambah karena imbas negatif teknologi itu.

Dampak teknologi yang membuat kita repot sepanjang hari untuk bekerja atau belajar, menuntut kita untuk membuat sebuah taman kota untuk wisata di saat lenggang . Maka, dampak teknologi dapat membuat lingkungan baru.

Imbas teknologi dapat menghancurkan lingkungan meskipun pemakaiannya sedikit. Misalkan pemakaian kendaraan motor dan beberapa mesin yang hasil tersisa dayanya bisa menghancurkan susunan ozon dan memunculkan pemanasan global yang lingkup kerusakan lingkungannya ialah penjuru dunia.

Contoh lain dari imbas positif perubahan teknologi pada lingkungan

1. Manfaat kemajuan teknologi di bagian komunikasi
Sesudah kita memiliki satelit palapa jalinan kumunikasi di antara daerah di negara kita atau kenegara lain bisa diraih dengan cepat dan mudah.
2. Manfaat kemajuan teknologi di bagian kedokteran / kesehatan
Bisa kurangi korban jiwa yang disebabkan oleh faktor faktor fisik / biologis
Misalkan : Pencakokan mata, penyembuhan kanker dengan radiasai dan lain lain
3. Manfaat kemajuan teknologi di bagian industry
Dengan di temukannya mesin mesin yang bisa menolong satu proses
Misalkan : mesin pemintal, mesin perusak bahan bahan bangunan dan lain lain
4. Manfaat kemajuan teknologi di bagian peternakan / pertanian
Ditemukan pupuk, obat obatan pembasi serangga, bibit bibit unggul dan lain lain

Contoh lain dari imbas negatif perubahan teknologi pada lingkungan

- Tempat pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan makin sempit karena dibuat banyak perumahan.
- Rusaknya lingkungan alam, karena dibuatnya industri atau pabrik.
- Berlangsungnya banjir dan erosi karena penebangan rimba tidak teratasi.
- Untuk penyukupan kebutuhan primer dan sekundernya manusia mengeksplorasi alam.
- Pemupukan yang terlalu berlebih menyebabkan pencemaran tanah.
- Penyemprotan peptisida berpengaruh makhluk hidup lainnya terserang toksin bertahan lama yang bisa menebar dalam rantai makanan ke ekosistemnya hingga bisa mempengaruhi mata rantai makhluk hidup yang mengkonsumsinya.
- Berlangsungnya polusi udara karena pembakaran rimba yang hasilkan CO2 dan CO.
- Berlangsungnya pencemaran air dari buangan sampah industri.
- Berlangsungnya polusi udara dari asap-asap industri, mobil, dan kendaraan motor.
- Berlangsungnya pencemaran tanah, berbau, dan sampah-sampah industri dan rumah tangga.

text=adstext=ads